Online

Friday, March 19, 2010

^_^ CACAR AIR/ "CANGKRANGEN"

Ketika ada anggota keluarga baik itu anak, atau tetangga maupan murid bagi yang profesinya guru, ataupun juga teman kalau dilanda sakit, tentulah kita turut bersedih karenanya. Cacar air atau Cangkrangan-orang jawa menyebutnya- ketika pentakit ini menimpa seseorang maka rawan sekali untuk menular.

Kata orang Jawa kalau sudah pernah sakit ini dia tidak akan terserang lagi. Penyakit ini menyerang anak kecil maupun dewasa. Pernah kejadian satu anggota keluarga terserang kemuadian beruntun anggota keluarga lainnya. Pernah juga satu murid kena, berikutnya beruntun murid-murid yang lain sampai dengan saru kelas terus beruntun ke ke las berikutnya. Lantas dapatkan cangkrangen ini di cegah atau dihambat supaya tidak menyerang dan bahkan tidak menular? Simak uraian berikut agar dapat mwaspadai penyakit tersebut.

Apa itu Cacar Air?
Istilah latinnya Vrisela atau Chickenpox sedangkan istilah Jawanya Cangkrangen ternyata disebabkan virus caricella=zoster. Akibat dari serangn virus ini bisa ruam kulit muncul sekumpulan bintik=bintik kecil yang datar maupun menonjol atau melempuh yang lepuhannya berisi cairan kemudian keropeng dan menimbulkan rasa sangat gatal serta panas.

Gejalanya
1. gejala awalnya; Sakit kepala, demam sedang,pilek, batuk dan merasa tidak enak badan.
2. berikutnya 24-36 jam setelah gejala awal, muncul bintik-bintik yang menonjol (papula), membentuk lepuhan berisi cairan/ vasikel yang terasa gatal.
3. setelah 6-8 jam akhirnya lepuhan itu akan mengering dan selanjutnya akan terbentuk bintik-bintik dan lepuhan yang baru.
4. lepuhan baru terus terbentu dan berakhir tidak lebih pada hari ke-5. Pada hari ke-6 seluruh lepuhan akan mengering.
5. Dalam waktu kurang dari 20 hari lepuhan yang mengering akan menghilang.
6. Daerah yang sering muncul bintik-bintik biasanya di bagian tubuh yang atas (dada, punggung,bahu, tangan, dan wajah).

Penularannya
Penyakit ini mudah sekali menular. Cara penularannya melalui percikan ludah penderita atau benda-benda terkontaminasi oleh cairan dari lepuhan kulit. Waktu penularan dimulai dari gejala awal sampai lepuhan terakhir yang telah mengering.

Pencegahan/ Cara Mengatasi
1. jika diketahui gejala awal di atas segera periksakan ke dokter
2. untuk mengurangi rasa gatal bisa dikompres dingin, kalau orang jawa diolesi jagung muda yang sudah dihalukan. Bisa juga diolesi lation kalamin, antihistamin/ anti gatal atau lainnya yang mengandung mentol atau fenol.
3. agar tidak terinfeksi; sesering mungkin kulit dicuci dengan air dan sabun, menjaga kebersian tangan, memotong kuku, serta pakaian tetap kering dan bersih.

Okelah kalau begitu... semoga informasi ini dapat bermanfaat. Dengan begitu penyakit cacar air/ cangkrangen tersebut dapat dicegah.
Digg Google Bookmarks reddit Mixx StumbleUpon Technorati Yahoo! Buzz DesignFloat Delicious BlinkList Furl

53 comments: on "^_^ CACAR AIR/ "CANGKRANGEN""

Anonymous said...

nyoba coment, kemarin kok g bisa??

UMS EDUKASI RSBI said...

@ Anonymous: Ya..aku juga tidak tau.he..he.. maunya nyoba template baru, taunya coment tidak fungsi...maklum...

aryadevi said...

wah tentang cacar air nie....thanks bu jadi lebih tahu setelah membacanya...

UMS EDUKASI RSBI said...

@ aryadevi: Ya mas...karena beberapa hari kemarin di sini ada yang kena wabah itu. Mksh.

Aulawi Ahmad said...

aku da pernah kena tuh waktu dijogya, bentol2 semua badan hehehe, btw tq infona :)

UMS EDUKASI RSBI said...

@ Aulawi Ahmad : Makasih kunjungannya...

NURA said...

salam sobat
wah,,sama saya nich mba ganti beground birunya.
kalau cacar air atau cangkrangan dulu anak saya masih kecil mba,,karena tertular dari omnya pas kebetulan baru seminggu sembuh cacarnya.
artikel bermanfaat.

Munir Ardi said...

terima kasih infonya sangat bermanfaat sob, makasih udah berkunjung ke blog abal-abal seperti aku

Dhana/戴安娜 said...

SALAM SAHABAT
apa ganti baju yach..bagus banget sebagus info yang ada postingakan kali ini baru tahu sis..oh iya cuma kok rada berat loadingnya he,.he. maaf ya rada sok sibuk belum sempat BW juga posting..good luck

Delia said...

nice info..
aq kena cacar air kira2 5 tahun yg lalu..duhh dah tua baru kena.. kekekeke...jd malu sendiri

salam kenal :)

a-chen said...

wah saya waktu mo masuk sd pun kena neh cacar air.... ehm moga bener kata anda, nggak bakalan kena lagih... hehehe

buwel said...

thanks mbak cangkrenennya, baru tahu neh bahasa jawannya... :-)

Edwin's Personal Blog said...

saya sudah pernah kena cangkrangen waktu sd. aduh rasanya minta ampun. sekujur badan sakit semua. jadi sudah nggak bisa kena lagi ya bu?

PRof said...

Aku dah pernah kena....

mubaroki said...

silaturrahmi bu...
kejadian serangan cacar air pernah menyerang kelas ku bu...
skitar 10 orang menjadi korban

narti said...

salam kenal juga, makasih sudah berkunjung.
informatif sekali, makasih sharingnya.
kalau untuk menghindari agar kulit tidak ada bekas sakitnya pakai apa? biasanya lama juga hilangnya tuh...

fansbook said...

hai... salam kenal Mbak q yang cantik

Mbak ku Mbak ku... Tukeran link yuuk

muhammad zakariah said...

saya pernah mengalaminya 1 kali.. tp setelah itu alhamdulillah gak pernah dapet lg..
makasih infonya.

Hanna Pertiwi said...

cangkrangen ya mbak? saya dulu waktu kecil pernah kena mbak, alhamdulillah sekarang udah gak lagi. Salam kenal ya mbak

NURA said...

salamsobat
katanya cuma sekali dalam hidup ya,, kena cacar air ini,,

fansbook said...

Saya sudah link Mbah.. tapi gimana ya caranya foloow mbak... saya ingung caranya

UMS EDUKASI RSBI said...

@ NURA: Salam sahabat juga. Mksh Mbak...
@ Munir Ardi: Yups..Mg mau kunjung lagi..
@ Dhana/戴安娜 : Salam sahabat juga. Ya Mbak mksh ini msh percobaan ganti template...he..he.. cari pengalaman...
@ Delia: He..he.. Sdh pernah kena ya...sama dong..Salam kenal juga.
@ a-chen : Insyaalloh gak lagi Mas
@ buwel : Mks balik Mas
@ Edwin's Personal Blog: Insyaalloh gak lagi Mas
@ PRof : Ya prof.
@ mubaroki: Ya. Mksh ki..
@ narti : Bekas lukanya, kalau masih anak-anak masih bisa hilang, kalau orang dewasa kasih krim pemutih tapi lama juga hilangnya.
@ fansbook: Salam kenal jg...boleh. Mksh ya
@ muhammad zakariah: Benar insyaallah begitu..
@ muhammad zakariah: Ya Mksh.

richo said...

aku dah lupa kapan kena cangkrangen dulu, tapi belum lama ini adikku kena......

Dinoe said...

Makasih info dan tips nya mbak..sangat bermanfaat..

marsudiyanto said...

Cangkrangen adalah sakit yang menjengkelkan...
Panas, gatal, tapi kalau digaruk mlonyoh...

Tau mlonyoh nggak ya?
RSBI mungkin nggak ngerti mlonyoh.
Lambang Kimia dari Mlonyoh adalah My.

Dimas said...

tapi katanya klo udah pernah kena satu kali ga bakalan kena lagi, bener ga sih ??

Aishi Lely said...

emang mb nih cacar air jahat banget.. so klo ad murid yg sakit cacar air langsung dikarantina yah..alias gak boleh masuk sekolah dulu.. ^^

bocahbancar said...

Hhmm..Alhamdulillah saya belum pernah terserang cacar air :)

anyin said...

makasih infonya mbak

HAPIA Mesir said...

assalamualaikum mbak..silaturahmi ni.

blogger memang agak lambat dalam membaca feed atwpun mengindek komentar.. jadi terkadang membutuhkan beberapa waktu untuk bisa terbaca...

Artikel Islami said...

info yang bermanfaat. terima kasih banyak atas informasi kesehatannya mbak. alhmdllh saya sudah pernah kena penyakit cara itu.

Hanna Pertiwi said...

Kunjungan pagi menjelang siang, membaca artikel-artikel mbak yang benar-benar sangat bermanfaat..

Hendriawanz said...

Makasih, artikel yang sangat informatif. Untungnya bahwa itu sembuh sendiri.

Hendriawanz said...

Eh, baru nyadar, template-nya baru..heheh. Have a nice day.

UMS EDUKASI RSBI said...

@ richo : Sudah pernah ya..
@ Dinoe : Mksh
@ marsudiyanto: Lambang Kimia dari Mlonyoh adalah My ya? ehm...baru tahu. Mksh ya
@ Dimas: insyaallah begitu Mas
@ Aishi Lely: lebih baik begitu, tidak masuk sekolah, kasihan kan kalau teman sekelasnya tertular semua...
@ bocahbancar : jadi msh hrs siap kalau nanti kena ya...he..he...
@ Artikel Islami: Mksh.
@ Hanna Pertiwi: Mksh kunjungannya.
@ Hendriawanz : Ya Mas Mksh, ni msh nyoba warna baru. he..he..

cucuharis said...

Makasih
Indo yg Bermanfaat
Saya dulu pernah cacar air waktu kecil :)

Dimas said...

kunjungan rutin aja..

HAPIA Mesir said...

assalamualaikum mbak, silaturahmi lagi mbak,

cacar air tu kalo udah pernah kena g terkena lagi kan mbak?

apriliawaludin said...

artikelnya bermanfaat sekali... :)

Negeriads.com Solusi Berpromosi said...

Wqah Thank u berat atas informasinya...
Lingkungan yang ga bersih juga salah satu faktor penyebab penyakit cacar air bukan...?
salam hangat dan salam kenal dari blogger Bali

attayaya said...

wuiiih ini yg bikin badan bentol2 berisi air itu ya
katanya dulu menjadi wabah menakutkan di eropa
dan membunuh ribuan orang

Hanna Pertiwi said...

kunjungan siang mbak...gimana kabarnya mbak

mubaroki said...

kunjungan sore bu...!!!
semakin rame aja nich blognya...

Aishi Lely said...

hai...jemput tag di tempatku yah.. MINI ME ^^

UMS EDUKASI RSBI said...

@ cucuharis: Mksh ya
@ Dimas : Mksh sdh dikunjungi.
@ HAPIA Mesir : Ya Mas
@ apriliawaludin : Mksh
@ Negeriads.com Solusi Berpromosi : Salam hangat juga.... ya mksh.
@ attayaya: yups...
@ Hanna Pertiwi: Kabar baik, mksh.
@ mubaroki: Mksh Sob..
@ Aishi Lely: Siap!!!

jasa ekspedisi said...

mampir nich dari jaksel...

matahari said...

makasih ya Mbak,, saya jadi bisa mengira2 kapan saya bisa sembuh. hahahaha

ijin share di blog saya ya Mbak,,

eko wijayanto said...

cara mengatasi nya gimana mbak???kalo yang sudah kena lho

RAMLI said...

saya ini barusan kena sekeluarga bhak , tp kasihan anak saya yg baru 2 thn ikut kena juga tu jadi rewel dia, tank bhak infonya......

Iwan said...

Posting yang bagus, Saya juga ada artikel tentang cacar air, kunjungi saya balik ya
http://kesehatan.kompasiana.com/alternatif/2014/01/01/cangkrangen-cacar-air-624493.html

Putro Cahyo said...

Btw mau nanya deh, sebenernya kalo udah pernah kena cacar air, bisa kena lagi ga untuk yang ke 2 kalinya? masih rancu nih soalnya.

Pengusaha Pintar | Gravitasi Hoax

Post a Comment