Online

Sunday, March 14, 2010

Blogger Playgroup

Blogger Playgroup, ini sebenarnya hanya istilah saja dari saya yang boleh dikata pemula sekali dalam blogger. Yah...semoga saja tidak dikatakan prematur. Bagaimana tidak, seperti saya sebut di atas blogger playgroup, gradasi yang biasanya digunakan untuk penjenjangan dalam pendidikan. Namun, identikkah jika digunakan di dunia blogger?

Playgroup merupakan tingkatan sebelum sekolah yang sering disebut PAUD(PENDIDIKAN ANAK USIA DINI). Dalam arti pendidikan yang sebenarnya PAUD yang di dalamnya termasuk Playgroup dan TK atau Taman Kanak-kanak, menjadi sangat penting mengingat potensi kecerdasan dan dasar-dasar perilaku seseorang terbentuk pada rentang usia ini. Sedemikian pentingnya masa ini sehingga usia dini sering disebut the golden age (usia emas).

Pendidikan prasekolah adalah pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani anak didik di luar lingkungan keluarga sebelum memasuki pendidikan dasar, yang diselenggarakan di jalur pendidikan sekolah atau di jalur pendidikan luar sekolah. Pendidikan prasekolah adalah pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani anak didik di luar lingkungan keluarga sebelum memasuki pendidikan dasar, yang diselenggarakan di jalur pendidikan sekolah atau di jalur pendidikan luar sekolah.

Mengingat pentingnya pendidikan prasekolah, maka diharapkan semua pihak baik pemerintah maupun masyarakat ikut bertanggungjawab akan keberhasilannya termasuk guru-guru playgroup dan TK baik itu tentang tingkat pendidikan guru maupun tentang kualifikasi edukatornya. Hal yang juga sangat penting yaitu penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Anak Usia Dini (KTSPAUD) yang kapabel. Artinya saat ini kita membutuhkan juga KTSPAUD yang memiliki orientasi pada karakteristik anak usia dini.

Dari pentingnya KTSPAUD tersebut, kiranya kepada para tim penyusun perlu memahami subtansi kurikulum pendidikan anak usia dini atau pendidikan prasekolah itu sendiri. Berikut beberapa subtansi/isi dari kurikulum pendidikan prasekolah yang penting untuk diperhatikan, di antaranya:

1. Dunia anak adalah bermain
Kuriklum diharapkan mampu merujuk pada prilaku individu untuk berfikir dan bertindak imajinatifdan penuh daya hayal melalui kegiatan bermain.

2.Menyentuh segala aspek perkembangan
Kuriklum hendaknya mampu memberi sentuhan empiris sehinga mampu menyentuh aspek fisik, kognitif, emosi, sosial, dan bahasa anak

3.Menghargai perbedaan individu
Kurikulum hendaknya mampu memberi inspirasi pada pengembangan sikap anak untuk senantiasa menghargai perbedaan individu.

4.Mengembangkan harga diri
Kurikulum hendaknya mampu mengembangkan harga diri anak dengan senantiasa merujuk pada kekurangan sekaligus kelebihannya.

5.Non diskrimatif (ras, agama, suku, gender)
Kurikulum hendaknya memberikan ruang yang sama sehingga anak akan mendapatkan peluang yang luas dalam mengembangkan kegiatan bermainnya.

6.Melibatkan lingkungan tumbuh anak
Kuriklum hendaknya memberikan porsi baik orang tua, keluarga, maupun masyarakat untuk ikut berperan aktif dalam pendidikan maupun tumbuh kembang anak

7.Bebas tanpa paksaan
Kurikulum hendaknya mampu merangsang anak untuk berani mengekspresikan dirinya secara bebas tanpa tekanan baik dari pihak guru maupun orang tua sehingga anak akan menjadi kreatif.

8.Aman dan melindungi
Kurikulum hendaknya mampu memberikan alternative tindakan pada anak sehingga akan merasa bebas dan tidak takut untuk mengebangkan kreativitasnya.

Nah...Itu tadi Playgroup dalam arti sebenarnya. Kalau blogger yang pemula seperti saya dibuat penjenjangan seperti sekolah kan masuk tingkah Blogger Playgroup yang sudah tentu jika mau jujur perlu edukator sebab merupakan masa emas seperti diulas di atas. Karena blogger playgroup ini edukasi secara autodidak mulai dari templet, posting, gatget,dan bahkan istilah blogger saja baru belajar mengeja bak anak usia dini di playgroup.

Hal ini semua tidak akan ada kalau tidak berangkat dari ulasan profil blog ini: UMS EDUKASI-RSBI Seorang anak negeri yang ingin berekspresi. Menambah wawasan, Bersosial, Berkolaborasi dengan harapan bisa meraih sukses gemilang bersama anak negeri. Pernah menempa ilmu baik formal maupun informal. Niatan NGANGSU KAWERUH ini semoga benar-benar membawa berkah bagi semua. Amiin.

Adanya blogger playgruop ini sudah tentu sangat membutuhkan bantuan sobat-sobat dalam menentukan perkembangan dan kecerdasan blog ini. Sehingga nantinya blogger playgroup bisa naik kelas ke tingkatan lebih sedikit di atasnya. Terima kasih tiada terkira kepada semua sobat yang sudah mau jadi edukotor dalam proses edukasi blogger playgoup ini untuk lebih cerdas, maju dan berwawasan luas.
Digg Google Bookmarks reddit Mixx StumbleUpon Technorati Yahoo! Buzz DesignFloat Delicious BlinkList Furl

25 comments: on "Blogger Playgroup"

HAPIA Mesir said...

yup.. dengan semangat sharing kita cerdaskan blogger indonesia.. hehehehe

semangat sob. sharing dan BW sangat bermanfaat guna menambah info

Artikel Islami said...

iya namanya seperti sebelum TK ya sob. tetap sharing karna ngeblog memang mengasyikkan.

Aryadevi said...

assalamu'alaikum bu, sebenarnya dalam dunia blogger sama saja dengan aplikasi dikeseharian, bersilaturahim, menata rumah supaya rapi, bersih, indah, mendesain seperlunya, etika, canda, tegur sapa, dsb. jadi ...siapapun bisa..

ibu terlalu merendah...dan salut bu atas peluang ibu dalam menyatakan inspirasi, jarang bu yang bisa mengeluarkan inpirasinya kedalam karya nyata seperti yang ibu lakukan diatas...

salam

UMS EDUKASI RSBI said...

@ HAPIA Mesir: semangat...cerdaskan blogger indonesia.. hehehehe MKSH..

@ Artikel Islami: Pokoknya asyik...

DHANAaRSEGA said...

SALAM SAHABAT
Out of topic,sis..coba pada overflow HIDDEN ganti dengan SHOW...kalau masih belum bisa akan saya cari penyebabnya mungkin anda memasukkan image dengan none name sehingga tidak muncul..good luck

jhoni said...

hm kalau ini blogger playgroup saya mau jadi gurunya!!!!! hehehehehe padahal saya sendiri juga sering dibantu blogger lain wkwkwkwkwkw

Darin said...

waah ide yang bagus, bisa mencetak blogger2 handal di masa depan! :D

NURA said...

salam sobat
wah ide bagus mba,,blogger playgroup ini.
saya ikut mendukung mba,,semoga lebih maju,cerdas dan berwawasan luas.

richo said...

jamanku dulu blm ada PAUD adanya maen ke sungai hehhe, ayo belajar bersama aku jg msh masuk kelas gaptek nih blm naik2

Aulawi Ahmad said...

kita disini sama-sama belajar dan berbagi ya :) semoga semangat terus tuk belajar :)

UMS EDUKASI RSBI said...

@ aryadevi : Waalaikum salam.... Terima kasih embun sejuknya Mas.
@ DHANAaRSEGA: SALAM SAHABAT...MKSH atas kesediannya berbagi. Pasti akan saya pelajari.
@ jhoni: Mksh suportnya guruku...kutunggu bimbingan lanjutnya.
@ Darin : Amin...
@ NURA : Salam Sobat juga...Mksh dukungannya Mbak..
@ richo : ehm...sama mas kecilku dan sampai sekarang jg suka bermain..
@ Aulawi Ahmad : Yups...Mksh

fai_cong said...

wah....
seperti aku ini dunk...
:D

UMS EDUKASI RSBI said...

@ fai_cong: Wah..bisa saja edukatorku ini...

PRof said...

Aku sendiri masih newbie...

a-chen said...

waduh, kalo saya di bawahnya blogger playgrup mbak... apa ya namanya... hehehe

buwel said...

hehehee, buwel belum 1 tahun setengah ngeblognya, masih batita mbak... :-)

Anonymous said...

semoga sukses edukasi blogger playgroup ini.
thanks ya untuk infonya.
salam knal juga :D

Dimas said...

yang penting sesama blogger saling berbagi ilmu dan tetap menjalin silaturahmi yang baik...

muhammad zakariah said...

wah.. saya mgkn termasuk yg namannya blogger playgroup.. saya baru dan masih belajar jg.. butuh bimbingan dan ilmu dari blogger2 lain.. tp yg terpening blogger itu dapat berbagi ilmu.. :D

☼►100ABC blog◄☼ said...

Saya ikut angkat jari sebagai blogger playgroup, masih perlu banyak bimbingan dari para master sekaligus harus teyus menambah jam terbang.
Makasih berbagi edukasinya, sangat bermanfaat

Thariq said...

berarti kita sekelas dong di blogger sob?hehehe

Sudinotakim said...

Berarti kita satu lokal ya mbak...he..he..kita masih sama-sama belajar mbak, waktu yg akan membuat kita pintar..
..salam..

deena said...

wa baru tau aku kalo paud ada ktspnya hehe...
sama dong ama sy diblogger, tingkat playgroup juga :)

salam kenal ya bu guru..

UMS EDUKASI RSBI said...

@ all coments: terima kasih sobatku semua...masih sedia sharring..

Post a Comment