Online

Thursday, February 4, 2010

BAGIAN INTI KARYA ILMIAH

Bagian inti penelitian/ karya tulis ilmiah memuat hal-hal sebagai berikut :

A. BAB I PENDAHULUAN
Bab ini lazimnya merupakan penjelmaan dari proposal yang telah diajukan dan disetujui oleh pembimbing. Isi bab I ini akan menjadi cermin dari keseluruhan penelitian/ karya tulis ilmiah yang ditulis.

1.1 Latar Belakang
Berisi tentang apa saja yang menjadi latar belakang timbulnya permasahan, alasan mengapa masalah (topik) tersebut penting dan perlu diteliti.

1.2 Perumusan Masalah
Rumusan secara konkrit masalah yang ada, dalam bentuk pertanyaan.

1.3 Tujuan Penelitian
Memuat maksud dan tujuan penelitian yang tidak terlepas dari masalah yang akan diteliti.

1.4 Manfaat Penelitian
Manfaat penelitian seyogyanya berisi tentang manfaat penelitian bagi ilmu pengetahuan dan seyogyanya dapat dimanfaatkan bagi masyarakat.

1.5 Sistematika Penulisan
Menjelaskan mengenai tahapan penulisan penelitian dari bab ke bab.

B BAB II TINJAUAN PUSTAKA
Tinjauan kepustakaan pada penulisan tesis ini merupakan landasan teori yang akan mendasari pembentukan model, pembentukan hipotesis atau pertanyaan penelitian, serta menjadi dasar pembahasan penelitian/ karya tulis ilmiah. Bab ini pada dasarnya merupakan landasan teoritis bagi siswa dalam melakukan kegiatan penelitian.

2.1 Penelitian Terdahulu
Penelitian sebelumnya yang layak untuk ditampilkan beserta metode yang digunakan dan hasil yang dicapai dalam penelitian sebelumnya. Siswa perlu mencantumkan mi penelitian terdahulu kalau ada.

2.2 Landasan Teori
Tinjauan pustaka memuat uraian mengenai landasan teori dan landasan empiris yang mendukung pendekatan pemecahan masalah. Tingkat kedalaman dan keluasan aspek-aspek yang ditelaah bergantung pada ketajaman analisis permasalahan. Semua sumber harus mencantumkan nama penulisnya.

2.3 Kerangka Pemikiran
Adalah kerangka pemikiran yang melandasi hipotesis, sehingga penelitian dapat dilakukan secara terarah.

2.4 Hipotesis
Adalah jawaban atau dugaan sementara yang akan diuji kebenarannya dan tidak semua penelitian harus mengemukakan secara tegas suatu hipotesis.

C. BAB III METODOLOGI PENELITIAN
Pada bab ini peneliti mengungkapkan landasan filosofis atau alasan logis atas pendekatan yang dipakai dalam melakukan penelitian, apakah menggunakan mainstream ataukah pendekatan alternatif. Bila pendekatan alternatif yang dipilih, peneliti harus mengungkapkan argumen dipilihnya pendekatan itu dan kesesuaiannya dengan masalah yang dihadapinya. Bab ini berisi :

3.1 Identifikasi Variabel
Memuat berapa banyak dan apa saja variabel yang diketemukan dan yang akan digunakan untuk penelitian.

3.2 Definisi Operasional Variabel
Mendefinisikan variabel variabel yang telah teridentifikasi di atas.

3.3 Populasi dan Sampel Penelitian
Memuat populasi yang digunakan dalam penelitian dan teknik sampling yang digunakan.

3.4 Sumber dan Jenis Data
Menjelaskan bersumber dari mana data tersebut diperoleh (berupa data primer atau sekunder) dan menyebutkan jenis datanya (kualitatif atau kuantitatif).


3.5 Metode Pengumpulan Data
Memuat penjelasan mengenai teknik pengumpulan data yang biasanya dalam bentuk wawancara, dokumentasi, kuesioner dan sebagainya.

3.6 Teknik Analisis Data.
Adalah alat-alat yang digunakan dalam menguji dan menganalisa data.

3.7 Teknik pengujian Asumsi Klasik.(jika ada)
Adalah pengujian gejala-gejala dalam analisis data (biasanya dalam analisis regresi) seperti, gejala multikolinieritas, gejala heteroskedastisitas, gejala linieritas, dan gejala autokorelasi.

3.8 Pengujian Hipotesis
Pengujian terhadap hipotesis yang digunakan dengan menggunakan alat-alat statistik yang sesuai.

D. BAB IV GAMBARAN UMUM OBYEK PENELITIAN
Pada bab ini peneliti harus memberikan gambaran secara jelas tetapi singkat dan padat tentang obyek atau tempat penelitian dilakukan (research site). Singkat dan padat perlu ditekankan di sini untuk menghindari penulisan gambaran tempat penelitian yang tidak relevan dengan judul tesis yang ditulis. Penjelasan terhadap obyek penelitian harus dibatasi pada materi yang berhubungan dengan penelitian.

E. BAB V HASIL PENELITIAN, ANALISIS DAN PEMBAHASAN
Pada bab ini berisi tentang
5.1 Hasil Penelitian
Pada sub bab ini memuat semua hasil penelitian yang relevan dengan tujuan dan hipotesisnya. Penyajian hasil penelitian dapat disertai tabel grafik, foto, atau bentuk penyajian data yang lain.

5.2 Analisis Hasil Penelitian
Memuat analisis terhadap hasil penelitian. Jika digunakan analisis statistik hanya dimuat tampilan akhir yang menunjukkan hasil penelitian, sedangkan perhitungan statistik secara terperinci dimuat dalam lampiran.

5.3 Uji Hipotesis
Memuat pengujian dan pernyataan apakah hipotesis penelitian diterima atau ditolak.

5.4 Pembahasan
Sub bab ini menunjukkan tingkat penguasaan peneliti terhadap paradigma, konsep dan teori yang digunakan dengan sedapat mungkin menginterpretasikan hasil penelitian guna menggambarkan fenomena yang terjadi.

F. BAB VI KESIMPULAN DAN SARAN
5.1 Kesimpulan
Merupakan pernyataan singkat dan tepat yang dijabarkan dari hasil penelitian dan pembahasan untuk membuktikan kebenaran hipotesis.
5.2 Saran
Merupakan implikasi hasil penelitian terhadap pengembangan ilmu pengetahuan dan penggunaan praktis. Dapat berupa masukan-masukan untuk pemecahan masalah atau dapat pula merupakan saran bagi peneliti selanjutnya. Sebagai hasil pemikiran peneliti atas keterbatasan penelitian yang dilakukan.

G. DAFTAR PUSTAKA
Berisi daftar buku/ referensi yang sudah dipakai sebagai kajian teori dalam penelitian/ karya tulis ilmiah.

H. LAMPIRAN-LAMPIRAN
Berisi semua yang perlu disertakan/ dilampirkan sebagai pendukung penelitian.
Digg Google Bookmarks reddit Mixx StumbleUpon Technorati Yahoo! Buzz DesignFloat Delicious BlinkList Furl
Post a Comment