Online

Thursday, February 4, 2010

SKL, KISI-KISI UN 2010 SMP/ MTS

Kisi-Kisi Soal Ujian Nasional SMP/MTs.
Berikut disajikan SKL dan kisi-kisi Ujian Nasional untuk SMP/ MTS. Bidang studi yang di UN-kan Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika, dan IPA.

1. BAHASA INDONESIA SMP/MTs

NO. STANDAR KOMPETENSI
LULUSAN KEMAMPUAN YANG DIUJI
Menentukan isi dan bagian suatu paragraf
Menentukan kritik terhadap isi bacaan
Menentukan isi dan penyajian teks berita, opini/tajuk
Menentukan kalimat fakta/pendapat
Menyimpulkan isi paragraf
Menentukan isi tajuk
Menyimpulkan isi grafik, tabel, bagan, peta, denah
Menentukan unsur intrinsik puisi
Menentukan unsur intrinsik cerpen
Menentukan perbedaan unsur intrinsik beberapa novel

1 MEMBACA
Membaca dan memahami berbagai
ragam wacana tulis (artikel, berita,
opini/tajuk, tabel, bagan, grafik,
peta, denah), berbagai karya sastra
berbentuk puisi, cerpen, novel, dan
drama.
Menentukan unsur intrinsik drama
Menulis catatan pengalaman pada buku harian
Menentukan isi pesan singkat sesuai konteks
Menulis/menentukan paragraf laporan
Menulis/melengkapi surat pribadi
Menulis/melengkapi surat resmi
Menulis/menentukan rangkuman
Menulis/menentukan slogan
Menulis/melengkapi petunjuk melakukan sesuatu
Menulis/melengkapi kutipan pidato
Menentukan unsur karya ilmiah (perumusan
permasalahan karya ilmiah, latar belakang karya
ilmiah)
Menyunting kalimat, ejaan/tanda baca, pilihan kata
Menulis/melengkapi pantun
Menulis/melengkapi puisi

2 MENULIS
Menulis karangan nonsastra
dengan menggunakan kosakata
yang bervariasi dan efektif dalam
bentuk buku harian, surat resmi,
surat pribadi, pesan singkat,
laporan, petunjuk, rangkuman,
slogan dan poster, iklan baris, teks
pidato, karya ilmiah, dan
menyunting serta menulis karya
sastra puisi dan drama.
Menulis/melengkapi drama

2. BAHASA INGGRIS SMP/MTs

NO. STANDAR KOMPETENSI
LULUSAN KEMAMPUAN YANG DIUJI
Menentukan gambaran umum, informasi rinci tersurat,
informasi tersirat, makna kata/frasa/kalimat dalam teks
berbentuk “caution”
Menentukan gambaran umum, pikiran utama,
informasi rinci tersurat, informasi tersirat, rujukan kata,
makna kata/frasa/kalimat dalam teks berbentuk kartu
ucapan (greeting card)
Menentukan gambaran umum, pikiran utama,
informasi rinci tersurat, informasi tersirat, rujukan kata,
makna kata/frasa/kalimat teks berbentuk pesan pendek
(short message)
Menentukan gambaran umum, pikiran utama,
informasi rinci tersurat, informasi tersirat, rujukan kata,
makna kata/frasa/kalimat teks berbentuk undangan
(invitation)
Menentukan gambaran umum, pikiran utama,
informasi rinci tersurat, informasi tersirat, rujukan kata,
makna kata/frasa/kalimat dalam teks berbentuk
pengumuman (announcement)
Menentukan gambaran umum, pikiran utama,
informasi rinci tersurat, informasi tersirat, rujukan kata,
makna kata/frasa/kalimat dari teks deskriptif
(descriptive)
Menentukan gambaran umum, pikiran utama,
informasi rinci tersurat, informasi tersirat, rujukan kata,
makna kata/frasa/kalimat dalam teks berbentuk
“recount”.
Menentukan gambaran umum, pikiran utama,
informasi rinci tersurat, informasi tersirat, rujukan kata,
makna kata/frasa/kalimat dalam teks berbentuk
“procedure”
Menentukan gambaran umum, pikiran utama,
informasi rinci tersurat, informasi tersirat, rujukan kata,
makna kata/frasa/kalimat dalam teks berbentuk
“narrative”
Menentukan gambaran umum, pikiran utama,
informasi rinci tersurat, informasi tersirat, rujukan kata,
makna kata/frasa/kalimat dalam teks berbentuk label
Menentukan gambaran umum, pikiran utama,
informasi rinci tersurat, informasi tersirat, rujukan kata,
makna kata/frasa/kalimat dalam teks berbentuk laporan
(report)

1 READING (Membaca)
Memahami makna dalam wacana
tertulis pendek baik teks
fungsional maupun esai sederhana
berbentuk deskriptif (descriptive,
procedure, maupun report) dan
naratif (narrative dan recount)
dalam konteks kehidupan seharihari.
Menentukan gambaran umum, pikiran utama,
informasi rinci tersurat, informasi tersirat, rujukan kata,
makna kata/frasa/kalimat dalam teks iklan
(advertisement)

NO. STANDAR KOMPETENSI
LULUSAN KEMAMPUAN YANG DIUJI
Menentukan gambaran umum, pikiran utama,
informasi rinci tersurat, informasi tersirat, rujukan kata,
makna kata/frasa/kalimat dalam teks berbentuk surat
(letter)
Menentukan kata yang tepat untuk melengkapi teks
laporan (report) yang pendek.
Menentukan susunan kata yang tepat untuk membuat
kalimat

2 WRITING (Menulis)
Mengungkapkan makna secara
tertulis teks fungsional pendek dan
esai sederhana berbentuk
deskriptif (descriptive, procedure,
maupun report) dan naratif
(narrative dan recount) dalam
konteks kehidupan sehari-hari.
Menentukan susunan kalimat yang tepat untuk
membuat paragraph

3. MATEMATIKA SMP/MTs

NO. STANDAR KOMPETENSI
LULUSAN KEMAMPUAN YANG DIUJI
Menghitung hasil operasi tambah, kurang, kali dan bagi
pada bilangan bulat
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan
bilangan pecahan
Menyelesaikan masalah berkaitan dengan skala dan
perbandingan
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan jualbeli
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan
perbankan dan koperasi

1 Menggunakan konsep operasi
hitung dan sifat-sifat bilangan,
perbandingan, aritmetika sosial,
barisan bilangan, serta
penggunaannya dalam pemecahan
masalah.
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan barisan
bilangan
Mengalikan bentuk aljabar
Menghitung operasi tambah, kurang, kali, bagi atau
kuadrat bentuk aljabar
Menyederhanakan bentuk aljabar dengan
memfaktorkan
Menentukan penyelesaian persamaan linear satu
variabel
Menentukan irisan atau gabungan dua himpunan dan
menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan irisan
atau gabungan dua himpunan
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan relasi
dan fungsi
Menentukan gradien, persamaan garis dan grafiknya

2 Memahami operasi bentuk aljabar,
konsep persamaan dan
pertidaksamaan linear, persamaan
garis, himpunan, relasi, fungsi,
sistem persamaan linear, serta
menggunakannya dalam
pemecahan masalah.
Menentukan penyelesaian sistem persamaan linear dua
variabel
Menyelesaikan soal dengan menggunakan teorema
Pythagoras
Menghitung luas bangun datar
Menghitung keliling bangun datar dan penggunaan
konsep keliling dalam kehidupan sehari-hari
Menghitung besar sudut pada bidang datar
Menghitung besar sudut yang terbentuk jika dua garis
berpotongan atau dua garis sejajar berpotongan dengan
garis lain.
Menghitung besar sudut pusat dan sudut keliling pada
lingkaran
Menyelesaikan masalah dengan menggunakan konsep
kesebangunan
Menyelesaikan masalah dengan menggunakan konsep
kongruensi
Menentukan unsur-unsur bangun ruang sisi datar
Menentukan jaring-jaring bangun ruang
Menghitung volume bangun ruang sisi datar dan sisi
lengkung

3 Memahami bangun datar, bangun
ruang, garis sejajar, dan sudut,
serta menggunakannya dalam
pemecahan masalah.
Menghitung luas permukaan bangun ruang sisi datar
dan sisi lengkung

NO. STANDAR KOMPETENSI
LULUSAN KEMAMPUAN YANG DIUJI
Menentukan ukuran pemusatan dan menggunakan
dalam menyelesaikan masalah sehari-hari

4 Memahami konsep dalam
statistika, serta menerapkannya
dalam pemecahan masalah. Menyajikan dan menafsirkan data

4. ILMU PENGETAHUAN ALAM SMP/MTs

NO. STANDAR KOMPETENSI
LULUSAN KEMAMPUAN YANG DIUJI

1 Melakukan pengukuran dasar Menentukan besaran fisika dan satuan yang sesuai
secara teliti dengan menggunakan
alat ukur yang sesuai dan sering
digunakan dalam kehidupan
sehari-hari.
Membaca alat ukur
Menentukan salah satu variabel dari rumus
ρ = v m
Menjelaskan pengaruh suhu dan pemuaian dalam
kehidupan sehari-hari

2 Menerapkan konsep zat dan kalor
serta kegunaannya dalam
kehidupan sehari-hari.
Menentukan salah satu variabel dari rumus kalor
Membedakan jenis gerak lurus dan mengidentifikasi
terjadinya gerak tersebut dalam kehidupan sehari-hari
Menentukan variabel dari rumus tekanan pada suatu zat
Menyebutkan perubahan energi pada suatu alat dalam
kehidupan sehari-hari
Menentukan besaran fisika pada usaha dan energi

3 Menjelaskan dasar-dasar mekanika
(gerak, gaya, usaha, dan energi)
serta penerapannya dalam
kehidupan sehari-hari.
Mengidentifikasi jenis-jenis pesawat sederhana serta
penerapannya dalam kehidupan sehari-hari
Menentukan salah satu besaran fisika pada getaran dan
gelombang
Menjelaskan ciri dan sifat-sifat bunyi serta
pemanfaatannya.
Menentukan berbagai besaran fisika jika benda
diletakkan di depan lensa atau cermin

4 Memahami konsep-konsep dan
penerapan, getaran, gelombang,
bunyi, dan optik dalam produk
teknologi sehari-hari.
Menentukan besaran-besaran pada alat optik dan
penggunaannya dalam kehidupan sehari-hari
Menjelaskan terjadinya gejala listrik statis serta
menentukan jenis muatan
Menentukan besaran fisika pada berbagai bentuk
rangkaian listrik
Menentukan besarnya energi dan daya listrik dalam
kehidupan sehari-hari

5 Memahami konsep kelistrikan dan
kemagnetan serta penerapannya
dalam kehidupan sehari-hari.
Menjelaskan cara pembuatan magnet serta menentukan
kutub-kutub yang dihasilkan
Menjelaskan karakteristik benda-benda langit dalam
tata surya

6. Memahami sistem tata surya dan
proses yang terjadi didalamnya.
Menjelaskan keterkaitan pasang naik dan pasang surut
dengan posisi bulan
Mendeskripsikan ciri-ciri makhluk hidup
Mengidentifikasi ciri-ciri pada pengelompokan
makhluk hidup
Menjelaskan interaksi antar makhluk hidup dalam
ekosistem

7. Menjelaskan ciri-ciri dan
keanekaragaman makhluk hidup,
komponen ekosistem serta
interaksi antar makhluk hidup
dalam lingkungan, pentingnya
pelestarian makhluk hidup dalam
kehidupan.
Menjelaskan usaha-usaha manusia untuk mengatasi
pencemaran dan kerusakan lingkungan

NO. STANDAR KOMPETENSI
LULUSAN KEMAMPUAN YANG DIUJI
Mengidentifikasi usaha manusia dalam melestarikan
makhluk hidup
Memprediksi hubungan antara kepadatan populasi
manusia dengan lingkungan
Menentukan jenis tulang/sendi/otot pada alat gerak
manusia beserta fungsinya
Menjelaskan sistem pencernaan dan enzim-enzim
yang berperan pada proses pencernaan
Menjelaskan sistem peredaran darah pada manusia dan
penyakit yang berhubungan dengannya
Menjelaskan proses pada sistem ekskresi (ginjal)
Menjelaskan sistem saraf pada manusia
Menjelaskan struktur dan fungsi jaringan/organ pada
tumbuhan
Menjelaskan respons tumbuhan terhadap pengaruh
lingkungan luar

8. Mengaitkan hubungan antara
struktur dan fungsi
jaringan/organ-organ pada
tumbuhan dan manusia.
Menjelaskan proses fotosintesis dan percobaanpercobaan
tentang proses tersebut
Menjelaskan konsep perilaku makhluk hidup untuk
mempertahankan kelangsungan hidupnya
Menginterpretasikan hasil persilangan berdasarkan
hukum Mendel
Menjelaskan teknologi reproduksi yang tepat untuk
meningkatkan kualitas dan kuantitas organisme
disertai dengan contohnya

9. Mengaplikasikan konsep
pertumbuhan dan perkembangan,
kelangsungan hidup dan
pewarisan sifat pada organisme
serta kaitannya dengan
lingkungan, teknologi dan
masyarakat.
Menjelaskan pemanfaatan bioteknologi untuk
kehidupan manusia
Menentukan bahan kimia pada makanan yang
ditambahkan pada makanan

10. Menjelaskan bahan kimia alami
dan buatan yang terdapat dalam
bahan makanan dan pengaruhnya
terhadap kesehatan.
Mendeskripsikan pengaruh zat adiktif/psikotropika
pada tubuh kita
Digg Google Bookmarks reddit Mixx StumbleUpon Technorati Yahoo! Buzz DesignFloat Delicious BlinkList Furl

0 comments: on "SKL, KISI-KISI UN 2010 SMP/ MTS"

Post a Comment