Online

Thursday, February 4, 2010

BAGIAN AWAL KARYA ILMIAH

Siswa Kelas VIII SMP N 1 KERTOSONO, diwajibkan menulis sebuah karya tulis pada akhir masa studinya. Karya tulis ini merupakan suatu penelitian yang dilakukan untuk disusun dalam bentuk karya tulis ilmiah. Manfaat penulisan karya tulis ilmiah ini adalah untuk melatih siswa untuk meneliti, menganalisis hasil penelitian dan menuangkannya ke dalam suatu tulisan/ karangan ilmiah. Selain itu juga bermanfaat untuk menambah pengetahuan dan wawasan bagi siswa.
Untuk menyeragamkan tatacara, teknis penulisan, maka siswa yang sudah berkewajiban menulis karya tulis wajib mengikuti tatacara penulisan. Penelitian yang dilakukan oleh siswa merupakan karya ilmiah yang :

1. Disusun sesuai dengan pedoman penulisan yang telah ditetapkan .

2. Menunjukkan kedalaman penguasaan teori, ketajaman penalaran, pembahasan, dan metode penelitian yang digunakan.

3. Menunjukkan kerangka pemikiran yang runtut, perumusan masalah yang tepat, batasan penelitian dan kesimpulan.

Guru pembimbing adalah guru yang ditunjuk untuk membimbing siswa dalam penulisan karya tulis ilmiah. Guru pembimbing bertugas untuk :
1. Memberi arah agar penulisan karya tulis ilmiah lebih terfokus pada permasalahan yang diteliti dan tidak melebar ke hal-hal yang bukan menjadi fokus penelitian.
2. Memberikan petunjuk tentang pendekatan penelitian, metode dan alat yang digunakan disesuaikan dengan sifat penelitian, misalnya penggunaan alat-alat berupa statistik dalam pengukuran atau pengujian data. Apabila peneliti menggunakan pendekatan penelitian alternatif, maka tidak ada alat statistik yang diperlukan.
3. Memberikan bimbingan agar mahasiswa mematuhi tata cara penulisan karya tulis ilmiah sesuai dengan pendoman penulisan Karya tulis
Namun demikian siswalah yang bertanggung jawab terhadap isi karya tulis ilmiah. Oleh karena itu, siswa diharapkan jujur dalam penggunaan data dan bertanggung jawab terhadap seluruh materinya .
Buku pedoman Karya tulis penulisan bertujuan memberikan pedoman bagi siswa dalam menulis karya tulis sehingga terdapat keseragaman penulisan karya tulis dan memudahkan siswa dalam menyusun penulisannya.

KERANGKA BAGIAN AWAL

Kerangka penulisan bagian awal terdiri dari :
1. Bagian Ringkasan
2. Bagian Awal

2.1 BAGIAN RINGKASAN (Abstrak)

Pada bagian ini berisi mengenai ringkasan. Ringkasan merupakan ulasan singkat mengenai permasalahan yang diangkat dalam karya tulis, hasil penelitian sampai implikasinya. Bagian ringkasan ini dicantumkan dalam daftar isi dan ditempatkan sebelum halaman daftar isi. Pada penulisan ringkasan jumlah kata yang ditulis maksimal 500 kata atau 1 halaman dengan jarak baris 1 (satu) spasi. Pada penulisan abstrak, diatas ditulis judul penelitian/ karya tulis dan nama penulis.

2.2 BAGIAN AWAL
Pada bagian awal ini terdiri dari :

A. Halaman Sampul Depan
Pada halaman ini memuat judul penelitian/ karya tulis, lambang Sekolah/ Dinas , nama penulis, nomor induk siswa. Sampul ini berwarna kuning dicetak dalam kertas tebal (hard cover).

B. Halaman Judul (Sampul Dalam)
Halaman sampul dalam sama dengan halaman sampul depan, tetapi dicetak di atas kertas HVS putih sesuai dengan ketentuan.

C. Halaman Pengesahan
Halaman ini memuat tulisan LEMBAR PENGESAHAN PENELITIAN/ KARYA TULIS, judul penelitian/ karya tulis ilmiah, nama penulis, nomor induk siswa dan tanda tangan Dosen Pembimbing, Wali kelas dan Kepala Sekolah, kalau perlu Kepala Dinas.

D. Halaman Penetapan Panitia Ujian (ini khusus untuk skripsi/ tesis)
Pada halaman ini memuat nama dari Ketua dan anggota penguji skripsi/ tesis yang ditetapkan dengan keputusan Direktur Program Pascasarjana.

E. Halaman Riwayat Hidup
Halaman ini memuat daftar riwayat hidup penulis penelitian/karya ilmiah/ skripsi/ tesis secara singkat
(Contoh halaman dapat dilihat pada lampiran 5)

F. Halaman Kata Pengantar
Pada halaman kata pengantar memuat uraian singkat mengenai maksud penyusunan penelitian/ karya tulis ilmiah, dan ucapan terima kasih kepada pihak yang berjasa pada keberhasilan penyelesaian penelitian/ karya tulis ilmiah. Pada pojok kanan bawah ditulis Nama Kota, bulan dan tahun penyusunan penelitian/ karya tulis ilmiah tersebut lalu dibawahnya ditulis nama siswa yang bersangkutan.


G. Halaman Daftar Isi
Halaman ini memuat urutan bab, sub bab, dan anak sub bab karya tulis ilmiah dengan nomor halaman.

H. Halaman Daftar Tabel
Halaman ini memuat nomor urut tabel, judul tabel dan halaman tabel yang bersangkutan.
(Contoh halaman dapat dilihat pada lampiran 8)

I. Halaman Daftar Gambar
Halaman ini memuat nomor urut gambar, judul gambar dan halaman gambar yang bersangkutan.
Digg Google Bookmarks reddit Mixx StumbleUpon Technorati Yahoo! Buzz DesignFloat Delicious BlinkList Furl

0 comments: on "BAGIAN AWAL KARYA ILMIAH"

Post a Comment